Sambut Hari Ibu, UIN Jakarta Kukuhkan 16 Guru Besar Perempuan

Wecome Debug-all di Portal Ini!

VIVA – Dalam rangka memperingati Hari Ibu, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka 16 guru besar putri, pada Jumat 22 Desember 2023. Sambut Hari Ibu, UIN Jakarta Kukuhkan 16 Guru Besar Perempuan

Kehadiran 16 guru besar perempuan baru ini sekaligus mengukuhkan UIN Jakarta sebagai Universitas Keagamaan Islam Nasional (PTKIN) dengan jumlah guru besar terbanyak termasuk guru besar perempuan, kata Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar di Jakarta.

Informasi yang dirilis Pusat Informasi dan Humas Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, total 16 guru besar perempuan yang resmi dilantik memiliki keilmuan di berbagai bidang ilmu, mulai dari agama Islam, pendidikan. , bahasa. , sains, psikologi, kesehatan dan lingkungan. Mau Mudah Kuliah Kedokteran? 4 Modal Ini yang Perlu Disiapkan

Selain itu, 16 guru besar ini merupakan bagian dari 43 guru besar yang akan dikukuhkan secara bertahap mulai November hingga Desember 2023.

“Penunjukan guru besar baru ini menunjukkan komitmen UIN Jakarta dalam mengembangkan fasilitas pengajaran yang berkualitas dan mengedepankan penelitian, pendidikan, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat yang tangguh,” kata Asep.

Kehadiran guru besar tersebut, menurutnya, semakin memperkuat peran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai perguruan tinggi yang fokus pada keberhasilan akademik berbasis integrasi ilmu pengetahuan.

“Kehadiran mereka akan menjadikan UIN Jakarta semakin kokoh sebagai pusat keunggulan akademik, tempat penelitian inovatif, pengajaran berkualitas, dan pengabdian kepada masyarakat dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Asep menambahkan, pengangkatan 16 guru besar perempuan ini merupakan wujud komitmen UIN Jakarta untuk terus mengikutsertakan lebih banyak perempuan di bidang pendidikan.

“Penahbisan mereka membuat keterwakilan perempuan dalam dunia akademik perguruan tinggi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta semakin representatif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Senat UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan guru besar baru dari berbagai bidang ilmu yang dilantik pada hari ini.

“Keberhasilan ini tidak hanya menunjukkan keunggulan individu, namun juga menunjukkan kualitas dan keunggulan UIN Jakarta dalam mencetak para intelektual dan pemimpin akademik terkemuka,” jelasnya.

Ke-16 guru besar yang dilantik adalah Prof. Dr. Dzuriyatun Toyibah M.Si M.A. (Sosiologi), Prof. Dr. Fadhilah Suralaga M.Sc. (Psikologi Pendidikan), Prof. Dr. Megga Ratnasari Pikoli M.Si (Ilmu Mikrobiologi Lingkungan), dan Prof. Hoirun Nisa M.Case Ph.D. (Ilmu Epidemiologi).

Lalu, Prof. Siti Nurul Azkiyah M.Sc Ph.D (Pendidikan Bahasa Inggris), Prof. Iim Halimatusa’diyah M.A. Ph.D. (Sosiologi Pembangunan), Prof. Dr. Sururin M.A. (Ilmu Pendidikan Islam), dan Prof. Dr. Zahrotun Nihayah M.Si (Psikologi). Sambut Hari Ibu, UIN Jakarta Kukuhkan 16 Guru Besar Perempuan

Selanjutnya, Prof. Dr. Nur Inayah M.Si (Matematika), Prof. Dr. Darsita S.M.Hum (Linguistik), Prof. Dr. Zilhadia M.Si Apt. (Ilmu Analisis Farmasi), Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D. (Ilmu PAUD dan Kesejahteraan Sosial), Prof. Dr. Ir. Siti Rochaeni M.Si (Ilmu Manajemen Pertanian), Prof. Dr. Rena Latifa M.Si (Ilmu Agama), Prof. Dr. Hendrawati M.Si (Kimia Lingkungan), dan Prof. R. Yani’ah Wardani M.Ag (Linguistik Arab). (semut)

Baca beberapa artikel edukasi menarik di tautan ini. Khatib Jumat 2 Februari 2024 Diimbau Sampaikan Pesan Persaudaraan Umat Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai tahun 2020 telah menetapkan tanggal 4 Februari sebagai Hari Persahabatan Sedunia. Debug All 31 Januari 2024